Membangun Toko Online Dengan Laravel, VueJS dan Payment Gateway

Di dalam buku ini kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat project Toko Online dari 0 sampai online. Dimana materinya akan dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu bagaimana cara membangun halaman admin menggunakan Laravel, membuat RESTful API (JWT), membangun halaman Frontend menggunakan VueJS, mengintegrasikan dengan Raja Ongkir untuk mendapatkan biaya ongkos kirim secara otomatis dan yang terakhir adalah mengimplementasikan Payment Gateway menggunakan Midtrans. Payment Gateway akan kita manfaatkan untuk proses pembayaran dari website yang kita bangun, sehingga bisa menjadi otomatis dan lebih mudah. Dengan menerapkan Payment Gateway, kita bisa melakukan pembayaran melalui banyak cara, diantaranya seperti:

– Credit Card

– GoPay

– Alfamart

– Indomaret

– Virtual Account

– Bank Transfer

– Dan lain-lain.

Keuntungan menggunakan Payment Gateway kita tidak perlu manual melakukan verifikasi pembayaran yang dilakukan oleh customer, karena semua sudah otomatis di handle dari Payment Gateway tersebut.

Di dalam halaman admin atau Backend kita semua akan fokus mempelajari bagaimana cara membuat authentication beserta Two Factor Auth, CRUD category, products dan manajemen data order masuk. Kita juga akan membuat statistik pendapatan. Kemudian setelah kita selesai membangun halaman Admin, maka sekarang kita akan lanjutkan untuk proses membangun RESTful API. RESTful API akan kita gunakan untuk proses bertukar data antara Backend (Laravel) dan Frontend (VueJS). Di sini kita akan belajar membuat RESTful API untuk proses Authentication Customer menggunakan JWT atau JSON Web Token, seperti proses Register dan Login. Kita juga akan memanfaatkan RESTful API untuk membuat proses Add to Cart, Checkout, Payment, Rajaongkir dan semua service yang dilakukan di halaman Frontend. Di dalam VueJS kita akan menggunakan Vuex sebagai state management yang terpusat dan Composition API untuk kode yang bisa digunakan berulang-ulang di dalam component lain (reusable).

Setelah project Toko Online yang kita bangun selesai, kita juga akan belajar bagaimana cara untuk melakukan proses deployment project tersebut ke Shared Hosting (Laravel) dan juga Netlify (VueJS).